Pendaftaran Seminar Porposal, Seminar Hasil, Ujian Skripsi, dan SKL

Mulai tanggal 1 Januari 2021, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) memberlakukan ketentuan baru dalam Penyusunan Skripsi para mahasiswanya. Untuk efektivitas pelaksanaannya, karena masalah pandemi dan juga untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, Fisip Unmul menyediakan fasilitas pendaftaran Seminar Proposal, Seminar Hasil, dan Ujian Sekripsi secara online dan terintegrasi dalam satu atap untuk semua program studi di lingkungan Fisip Unmul. Hal yang sama juga berlaku untuk pengurusan Surat Keternagan Lulus (SKL). Diharapkan hal ini bisa memudahkan para mahasiswa di semua Program Studi di lingkungan Fisip Unmul dalam menyelesaikan urusan-urusannya yang terkait dengan penyelesaian studinya.

Mulai 1 Januari 2021, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman berupaya menyelenggarakan pendaftaran Seminar Proposal, Seminar Hasil Penelitian, Ujian Skripsi (Pendadaran/PDD), dan permohonan mendapatkan SKL (Surat Keterangan Lulus) melalui website yang terintegrasi (dalam saru atap) untuk semua Program Studi di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Upaya ini dimaksudkan untuk meningaktkan pelayanan kepada mahasiswa dalam proses pembelajaran dan pelayanan dengan sistem daring di masa Pandemi Covid 19. Proses atau mekanismenya secara garis besar adalah sebagai berikut.

Mahasiswa yang telah menyelesaikan tugas akhirnya dan sudah disetujui oleh Dosen Pembimbing — baik itu Proposal Skripsi, Hasil Penelitian, Skripsi, maupun artikel eJournal — mulai mengumpulkan persyaratan yang diminta. Hal yang sama juga perlu dilakukan untuk pengurusan Surat Keterangan Lulus (SKL). Setelah terkumpul semua, dokumen-dokumen persyaratan itu dibuat dalam format file PDF (kecuali pasfoto untuk pengurusan SKL, yang wajib dalam format .jpg). Lalu mahasiswa mengisi formulir online dan mengupload file-file tersebut di website yang telah ditentukan oleh Fakultas. Setelah selesai, mahasiswa menunggu respon dari staf di Program studi di kolom “Status Berkas”. Jika masih kosong, berarti belum direspon. Jika status “Tidak Lengkap” berarti mahasiswa harus segera menghubungi staf Program Studi untuk melengkapi kekurangannya.  Jika statusnya “Lengkap” berarti mahasiswa tinggal menunggu informasi pelaksanaan Seminar atau Pendadaran berupa Tanggal, Waktu, dan Tempat (Ruang) pelaksanaannya. Semua proses ini ditangani oleh Program Studi.

Untuk pengurusan SKL, ada dua bagian/unit yang menangani, yakni Program Studi dan Bagian Akademik. Program Studi bertugas memproses berkas-berkas persyaratan (Lengkap, Tidak Lengkap) dan menyampaikan nilai pendadaran ke Bagian Akademik, sedangkan Bagian Akademik bertugas memproses nilai pendadaran dan menerbitkan SKL. Karenanya, dalam pengurusan SKL, ada tambahan fitur bernama “Status SKL”. Jika kosong, berarti belum ditangani, jika “Dalam Proses” berarti sedang diproses, dan bila “Telah Terbit” berarti SKL sudah jadi (selesai dibuat).

Jika SKL sudah terbit (sudah dicetak), SKL digunakan untuk mendaftar Yudisium dan Wisuda. Berdasarkan SKL pula, Bagian Akademik akan membuatkan Transkrip Akademik. Ketika mengambil SKL jangan lupa membawa pasfoto ukuran 3×4 yang sama dengan pasfoto yang disyaratkan untuk mendaftar wisuda karena pasfoto di Transkrip Akademik harus sama dengan pasfoto di Ijazah.

Untuk melakukan pendaftaran Seminar Proposal, Seminar Hasil Penelitian, dan Ujian Skripsi, serta pengurusan SKL, klik link berikut:
https://akademik.fisip-unmul.ac.id/skripsi-skl 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *